[indonesia] Meninggalnya/Wafatnya Shigeru Mizuki, Mangaka yang Tidak Pernah Berhenti Menggambar

Shigeru Mizuki, mangaka yang dikenal sebagai pencipta GeGeGe no Kitaro, telah wafat pada usia 93 tahun. Menurut berita, ia meninggal dunia pada pukul 7 pagi tanggal 30 November di sebuah rumah sakit di Tokyo dikarenakan gagal jantung.

Mizuki dilahirkan di Prefektur Tottori. Ia ikut serta di Perang Pasifik di Rabaul, Papua Nugini, di mana ia kehilangan lengan kirinya. Setelah peperangan tersebut, ia bekerja sebagai kamishibaipainter (mendongeng menggunakan gulungan gambar), lalu membuat debutnya sebagai mangaka melalui kashi-hon (sewa buku). Kemudian, ia melanjutkan aktivitasnya di garis depan media manga bulanan dan mingguan.

Di bulan Agustus 2013, ia menggambar manga spesial Kappa no Sanpei (Shogakukan, Yawaraka Spirits) dan diterbitkan di media yang belum pernah digunakan oleh Mizuki sebelumnya yaitu: Internet. Dengan itu, ia berhasil mencapai prestasi luar biasa yaitu menerbitkan karya di seluruh media manga pasca-perang.

Tak hanya itu, ia juga memulai seri baru berjudul Watashi no Hibi (Shogakukan, Big Comic) pada bulan Desember 2013 di usia 91 tahun. Ia aktif sebagai mangaka hingga akhir hidupnya, dengan menyelesaikan seluruh 34 bab sampai bulan Mei 2015.


Terjemahan: Shigeru Mizuki adalah tipe orang yang akan mengagumi cantiknya tanaman dedaunan mini untuk penanaman kelompok yang ia beli di pusat perlengkapan rumah. Dan tanaman itu sudah tumbuh menjadi dewi hutan!

Sumber: Otakuma Keizai Shimbun

English article is here!

All kinds of otaku are welcome at the TOM Fan Club! Join here: https://otakumode.com/fb/8iy